universitas di belanda

Kuliah di Belanda dan Segala Kenyamanan yang Dapat Diperoleh Mahasiswa

universitas di belandaKuliah universitas di Belanda adalah impian semua pelajar. Di sana ada sekitar 1.600 mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Mereka tersebar di berbagai kampus di Negara Bendungan. Keputusan para mahasiwa itu tidak serta merta asal ingin kuliah di luar negeri saja. Tapi, mereka juga memikirkan kualitas pendidikan yang diterima bilamana menempuh studi di Belanda.

Daya Magnet Studi di Belanda

Terdapat banyak hal yang membuat mahasiswa asing tertarik untuk kuliah di Negeri Kincir Angin, dua di antaranya adalah mudahnya berkomunikasi dan mendapatkan kenyamanan. Belanda memang termasuk negara yang mempunyai bahasa sendiri, tapi ada berbagai bahasa internasional yang juga digunakan, salah satunya Bahasa Inggris. Kampus-kampus Belanda menawarkan program berbahasa Inggris terbesar di Benua Eropa, yaitu sekitar 2.100 macam.

Tidak hanya mahasiswa, 95% dari masyarakat di sana dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi yang ingin mencoba beasiswa Belanda, termasuk pelajar Indonesia, untuk berbaur dengan penduduk lokal.

Aspek kedua, yaitu kenyamanan dan kedamaian dilihat dari sejarah yang panjang. Masa keemasan Negara Holland berlangsung pada abad ke-17. Paruh pertama diisi dengan Eighty Years War (Perang Delapan Puluh Tahun), yaitu perang melawan penjajah dari Spanyol. Setelah berhasil merebut kemerdekaan, mereka menjalankan negaranya dengan damai selama paruh terakhir abad ke-17.

Di periode ini, para penjajah Belanda sukses memetakan daerah baru dan tinggal di luar negeri. Dari sejarah itu, tidak heran apabila Holland dinobatkan sebagai tempat teraman dan terbahagia di dunia. Ia masuk dalam daftar 25 negara teraman di dunia versi index Global Peace 2016. Tidak hanya bebas dari tindak kejahatan, Belanda pun mempunyai sistem transportasi dengan keamanan tinggi.

Wajar jika Peter van Tujil, Direktur Nuffic Neso Indonesia merekomendasikan supaya pelajar di Indonesia memakai sepeda sebagai alat transportasi mereka ketika berkuliah di Belanda. Di samping cepat, murah dan sehat, dengan bersepeda mereka bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Selain itu, menurut World Happiness Report 2017, Belanda berada di urutan ke-6 dalam daftar negara paling bahagia. Secara umum, masyarakat memang puas dengan kehidupan mereka dan saat diminta untuk memberi penilaian dalam skala 0-10, nilai 7,3 lah yang muncul.

Menjelajahi Eropa

Dengan menempuh pendidikan di Belanda, mahasiswa asing akan memperoleh kesempatan untuk menyusuri daratan Eropa. Hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai di Paris. Sementara perjalanan pergi-pulang menuju Berlin dan London cuma memakan waktu 5-6 jam dengan kereta.

Ibaratnya, sambil menyelam minum air. Mahasiswa bisa menjalankan studi dengan nyaman dan damai, serta diberi kesempatan untuk berkeliling ke berbagai negara oleh pihak universitas di Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *